13 + eleven =

5 × 1 =

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Bukan rahasia umum lagi kalau kita, atau kebanyakan orang Samarinda, masih suka himung kalau ketemu sama yang namanya bule. Entah mereka, para orang asing dari daratan Eropa, jazirah Arab, daratan Afrika dan Australia, apalagi benua Amerika. Padahal mereka sama aja kayak kita, sama-sama manusia, cuma beda nasib aja (inya tinggi ganal, rambutnya pirang, hidung mancung), hehehe

Tidak masalah sih kalau kita bersikap seperti itu, mungkin karena mereka sangat terlihat berbeda, atau berasal dari tempat yang teknologi dan pola pikirnya lebih maju. Jadi wajar kalau kita mengagumi mereka. Dan berikut beberapa respons yang dilakuin orang Samarinda pas ketemu bule.

1. Foto Bareng

Kenapakah kalau ada bule datang pasti selalu diajak foto? Apa mungkin karena  warna kulit yang kontras bisa menjadi daya tarik kalau diajak foto bareng? Eh tapi banyak juga sih bule yang malah menawarkan diri duluan untuk diajak foto sama kita, bahkan mereka juga gak segan buat mengabadikan momen tersebut dengan kamera DSLR atau kamera ponsel mereka sendiri.

(1)cepink.wordpress.com

2. Suah Bepandir Bahasa Inggris

Ada sekali waktu pas berada di ruang yang sama dengan bule, pasti lidah kita gatal pengin ngobrol. Baik dengan tujuan berkomunikasi, atau mewaluh wara. Walaupun sadar bahwa kemampuan berbahasa asing kita pas-pasan banget kan. Untungnya zaman sudah canggih, jadi kalau gengsi mau buka kamus di depan bule kan bisa pake Google Translate. Kalonya kada, paling tepandir “hello mister, where do You want to go?”

(2)ayomaju.info

3. Diajak Jalan-jalan

Yang namanya bule mungkin memang punya hobi bertualang dan melihat hal-hal baru. Sebagai ciri khas keramahan ala Indonesia, pasti banyak yang mau bawa mereka ke mana-mana. Jadi kalau ada dari kalian mengajak mereka ke tempat-tempat wisata di Samarinda, kemungkinan besar mereka senang banget. Misalnya diajak melihat adat budaya suku Dayak di Desa Budaya Pampang, ke sentra cenderamata Citra Niaga, ke Kampung Tenun di Samarinda Seberang, dan masih banyak lagi tempat keren lainnya di Samarinda. Atau setidaknya, keren bagi mereka.

(3)teposeliro.wordpress.com

4. Dijadikan Objek Promosi

Ini aji mumpung sih. Mumpung ada bule yang berkunjung ke suatu tempat usaha, pasti si pemilik akan mengajak mereka berfoto untuk mempromosikan produk yang mereka jual, hitung-hitung sebagai tanda bahwa orang asing pun memakai atau mengkonsumsi produk mereka. Dan kembali ke poin nomor 1, mungkin karena bule ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga pantas untuk menjadikan mereka  model dadakan.

(4)ngeramput

5. Ngajarin Hal Baru

Nah ini yang paling asik nih. Siapa sih yang ga suka bersikap iseng? Dan para bule pun tidak lepas dari sasaran keisengan orang-orang Samarinda. Mulai dilajari bepandir nang kada-kada, macam bungul, tambuk, warik, dan lainnya. Tapi ga semua iseng sih, banyak juga orang Samarinda yang mengajak bule-bule itu berkegiatan positif. Umumnya pula, para orang asing itu memang suka dengan hal-hal baru, jadi tanpa kita ajak pun banyak juga dari mereka yang mau belajar sendiri.

image1(1)

[]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
The following two tabs change content below.
Dian Ananto Rayenda

Dian Ananto Rayenda

Writer at Undas.Co
LJ. GH. UNDAS.CO. ANTI-. 8042. DGD.

Comments

comments