twenty + eighteen =

two × 2 =

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Hai, anak muda Samarinda! Pernah dengar tentang Anggrek Hitam atau mungkin pernah lihat? Tanaman ini adalah flora yang jadi maskot propinsi Kalimantan Timur. Khusus untuk spesies ini, pulau yang beruntung ialah Kalimantan karena menjadi satu-satunya pulau yang bias ditumbuhi oleh anggrek hitam. Hebat kan? Tapi jangan senang dulu, karena ceritanya sedih..

Reichenbachia_-_Second_Series_vol._2_(TAB._58)

Pulau Kalimantan tempat kita tinggal ini, punya Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata) yang populer banget. Kenapa namanya anggrek hitam? Karena bunga anggrek ini punya tanda hitam pada bibirnya yang membentang ke belakang sampai bagian dalam bunga. Daun bunga dan kelopak daun anggrek hitam ini warnanya hijau cerah. Ciri khas anggrek hitam yang lain adalah baunya wangi semerbak. Macam anak Punk Elit. Eh, ngga juga sih pokoknya wangi. Biasanya jenis anggrek ini tumbuh di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah. Tanaman ini hidup menumpang di tumbuhan lain atau bisa dibilang, epifit. Biasanya tumbuh di batang pohon yang rebah. Anggrek Hitam Liar masa depannya makin kelam, karena populasi anggrek hitam di habitat aslinya semakin hari semakin langka. Padahal, tau nggak. Kepunahan spesies ini di alam bebas adalah kerugian yang besar buat biodiversity Indonesia. Banyak yang hunting tanaman ini di hutan Kalimantan untuk dikoleksi sendiri, kemungkinan besar keberadaan anggrek hitam banyak dipelihara oleh kolektor penyuka bunga jenis ini. Jangan sampe deh, para pecinta anggrek justru jadi penyebab utama kepunahan Anggrek Hitam di alam liar.

6494168811_829e85f410_b

Kersik Luway yang merupakan salah satu Cagar Alam di propinsi beribukota Samarinda. Namun, Entahlah gimana nasibnya sekarang. Keberadaan anggrek hitam di Cagar Alam Kersik Luway semakin terancam. Di habitat aslinya, Anggrek Hitam biasanya berbunga pada akhir tahun, antara bulan Oktober sampai Desember, ketika musim bunga, terdapat ratusan kuntum bunga yang bisa kita temui di sana. Sayangnya, kebakaran hebat beberapa tahun lalu sempat memporakporandakan kawasan ini dan menyisakan lahan kosong. Sebaran anggrek hitam di kawasan Cagar Alam Kersik Luway sekarang cuma tersisa sedikit. Sisanya berupa semak belukar, padang ilalang dan areal terbuka. Kegiatan masyarakat setempat juga malah jadi dampak negatif buat kawasan ini. Ironisnya, di kawasan Cagar Alam ada perkebunan karet milik masyarakat. Sungguh ironis memang, kawasan yang harusnya dijaga keasliannya malah dibikin jadi tempat bercocok tanam. Selain itu ditemukan pula pemukiman penduduk diwilayah cagar alam. Sedih ngga sih..

Padahal, menurut kepercayaan masyarakat setempat, Anggrek hitam punya daya mistis, masyarakat Dayak sangat menghormati Anggrek hitam, mencurinya berarti merupakan pelanggaran terhadap hukum adat setempat. Ditambah lagi menurut PP Nomor 7 Tahun 1999 anggrek ini dilindungi dan dilarang diperdagangkan bebas (kecuali hasil penangkaran), tapi perburuan untuk mengambil dan menjual jenis anggrek ini ke kolektor anggrek nggak kunjung reda. Anggrek hitam di alam liar semakin terancam kepunahan.

Kamu mungkin masih muda sekarang, masih punya kesempatan buat lihat sendiri seperti apa Anggrek Hitam Kalimantan yang cantik itu. Tapi gimana dengan anak kamu nanti? Kamu rela-rela aja anak kamu menganggap anggrek hitam Kalimantan sebagai mitos karena saat mereka dewasa nanti, bukan ngga mungkin tanaman ini sudah punah dan mereka nggak akan pernah melihat sendiri wujud aslinya.

Sayang.

[]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
The following two tabs change content below.
Pramesti Krisna

Pramesti Krisna

There are a lot of things I wish I would have done, instead of just sitting around and complaining about having a boring life - Kurt Cobain
Pramesti Krisna

Latest posts by Pramesti Krisna (see all)

Comments

comments