eighteen + 5 =

three × 2 =

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sudahkah kamu kawula muda modern pembaca undas menghargai pohon?

Ada yang bilang, kalau saja pohon menghasilkan wifi, mungkin kita bakal berlomba lomba menanam banyak pohon. sayang sekali pohon cuma ngasilin oksigen. sesuatu yang kita hirup untuk bernapas. Ironisnya, jumlah pohon malah makin berkurang, terutama di daerah perkotaan. Padahal, fungsi pohon penting banget untuk nyerap gas CO2 atau gas beracun lainnya di udara. Pohonlah satu-satunya benda di dunia ini yang bisa menghasilkan oksigen. Dan oksigen adalah unsur paling dasar dalam kehidupan manusia.

foto: adityaenc.com

foto: adityaenc.com

Negara-negara dengan jumlah hutan terluas pun terus kehilangan areal hijaunya. Penyebabnya juga macem-macem. Entah karena faktor alam ataupun kesengajaan manusia. Dan yang paling memprihatinkan adalah karena alasan komersial. Hutan dieksploitasi untuk kepentingan industri secara membabi buta. Ada yang dijadikan perkebunan sawit, areal pertambangan dan lain sebagainya. Bahkan ada yang membabat hutan untuk dijadikan area perumahan. Alasannya, keperluan manusia akan perumahan semakin membludak. Jika dipikir masuk akal juga. Penduduk bumi kan semakin lama semakin bertambah.

Jangan-jangan nanti, kalau manusia ngga jaga hutan lagi, oksigen bakalan jadi langka. Bahkan jadi barang ekonomi yang harganya mahal banget. Bisa bayangin, ngga? Orang-orang pake masker oksigen dengan tabung di punggungnya. Atau bakal banyak orang bawa jerigen ngantri oksigen untuk keberlangsungan hidupnya. Bisa aja terjadi, kan?

Mungkin kayak gitu, kalau nanti bumi tanpa pohon ratusan, ribuan atau jutaan tahun ke depan. Manusia harus impor oksigen entah darimana jika keberadaan oksigen di bumi semakin menipis.

Sebenernya, apa sih fungsi pohon. Kamu tau ngga, meskipun pohon ngga bisa memancarkan wifi. Tapi, pohon bisa…

Menjaga Kestabilan Iklim.
Pohon dalam jumlah banyak atau hutan bisa ngebantu mengatur jumlah gas rumah kaca, karbon dioksida di atmosfir. Hutan menyimpan sejumlah besar karbon yang juga berkontribusi pada perubahan iklim. Hutan menyimpan kira-kira 30 kali jumlah emisi tahunan yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar fosil. Tapi ketika hutan dihancurkan, karbon ini dilepaskan ke atmosfir.

Rumah Untuk Banyak Hewan.
Ini salah satu yang penting. Pohon juga berharga buat keanekaragaman hayati karena membantu lebih banyak spesies. Rongga pohon dan dahan menjadi habitat burung-burung atau hewan-hewan lainnya. Jadi kalau pohon ngga ada, hewan-hewan kehilangan tempat tinggal. Kasian..

Memproduksi Makanan.
Sebuah pohon, ketika berbunga dan kemudian terjadi penyerbukan, hasil penyerbukan ini kemudian di simpan dalam buah. Dan buah-buah itulah yang kemudian dinikmati oleh manusia. Kamu pasti suka buah-buahan, kan ? Selain enak, buah juga sumber vitamin untuk tubuh, biar kamu makin kuat ngadepin kenyataan hidup.

Bahan Bakar Terbarukan.
Saat ini, seluruh dunia sedang mencari sumber bahan bakar baru selain fosil. Salah satu yang dikembangkan sekarang adalah pohon jarak. Jarak pagar Jatropha Curcas sekarang dibudidayakan untuk diambil bijinya, yang kemudian menghasilkan minyak. Para peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) menyebutkan kalo energi minyak jarak setara dengan solar. Ih wow.

Biar Ngga Banjir, Bray.
Yah, meskipun semua orang udah tau ya, kalo tanah dan pohon yang diganti sama semen itu bisa bikin banjir, tapi kayaknya semenisasi ngga kelar-kelar deh. Adaaaa terus. Maka dari itu, poin ini saya tambahkan. Fungsi pohon lainnya adalah untuk menahan laju air. Hutan mampu membuat lebih banyak air yang terserap ke dalam tanah sebanyak 60-80 persen. Dengan kemampuan ini, keberadaan pohon bisa meningkatkan cadangan air tanah. Air tanah itu yang kamu pake buat mandi sama minum. Kalo pohon udah ngga ada lagi, kamu minum air laut?

Pohon Diam ngga bergerak sambil memenuhi tugasnya sebagai bagian dari alam. Merelakan segala bagian dari dirinya untuk diambil siapa saja yang memerlukan. Manusia modern kebanyakan ngga menghargai alam. Sadar, gak? Alam, ketika ngga dihormati bisa murka. Dan selalu, murka alam bikin kita merana karena kita tidak akan bisa melawannya. Apakah kita bisa melawan gempa, banjir, tanah longsor dan letusan gunung? Yang namanya manusia biasanya cuma mendeteksinya lalu sibuk menyelamatkan diri sendiri. Manusia adalah parasit. Hidup menumpang pada inangnya, menggerogoti inangnya. Ketika inangnya mati. Parasit ini akan mengalami kematiannya juga.

Gaes, mungkin artikel ini terlihat seperti pelajaran IPA. Tapi penulis berharap, semoga ada diantara kamu yang sadar kalau pohon itu penting buat kita. Semoga kamu yang tadinya menebang pohon untuk disemen kemudian, akan tergerak untuk menanam pohon. Dan kamu yang tadinya menempel iklan atau poster kampanye di pohon-pohon kota, akan tergerak untuk menanam lebih banyak pohon lagi. Semoga dunia menjadi tempat yang lebih baik.

[]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
The following two tabs change content below.
Pramesti Krisna

Pramesti Krisna

There are a lot of things I wish I would have done, instead of just sitting around and complaining about having a boring life - Kurt Cobain
Pramesti Krisna

Latest posts by Pramesti Krisna (see all)

Comments

comments