3 × 1 =

15 − 13 =

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Author: Amelia Rizky Yunianti

Kamu anak Kaltim? Kalaupun bukan juga enggak masalah, tapi berkuliah di Unmul? Udah bangga dengan kampus sendiri, belum? Harus bangga dong! Kenapa? Bisa jadi 5 hal berikut ini adalah alasannya.

  1. Kampus tertua dan terbesar di Kaltim

Yap! Salah satu alasan kamu harus bangga karena Unmul adalah kampus tertua sekaligus terbesar di Kaltim. Tertua, bukan berarti uzur, melainkan sudah ada rentang waktu yang cukup untuk berkembang menyesuaikan zaman serta terus berbenah. Kampus ini berdiri mulai 27 September 1962!

Terbesar, patokannya jelas. Makin besar, makin leluasa dan berpotensi bikin kagum. Unmul punya sejarah cukup panjang dan filosofis loh.

Beberapa bangunan tua yang sarat kesan artistik juga bisa kamu temukan di Unmul. Sambil kuliah, sambil wisata sejarah. Kece, kan? Meskipun semua ini enggak bakal ada dampak apa-apa, tanpa kreasi pihak kampus atau mahasiswanya sendiri. Pernah kebayang, kalau misalnya ada tur singkat jelajah gedung-gedung lama di areal Unmul? Terutama yang masih bertahan dengan bentuk aslinya. Bisa dimulai dari Guest House tak jauh dari jalur masuk Jalan M Yamin, yang dulunya merupakan wisma tamu. Terus, maju sedikit, ada gedung Pusat Penelitian Hutan Tropis (Pusrehut) yang desainnya terkesan 80-an atau 90-an banget. Di sana juga menggunakan mebel dari kayu. Gedung kampus-kampus, Rektorat, sampai bangunan yang paling baru. Asyik banget kalau ada yang bisa ngejelasin.

Oya, satu lagi, kamu tahu enggak, di dalam GOR 27 September itu ada layar digital besar banget di atas panggung utamanya, yang semestinya sih bakal keren banget kalau masih beroperasi sampai saat ini.

Coba lihat, layarnya bisa dipakai, kan? Foto: YouTube

  1. Posisinya pas banget alias strategis

Berada di Jalan M Yamin, yang jadi salah satu jalan utama di Samarinda, Unmul dekat banget dengan beberapa mal, kantor, dan fasilitas penunjang lainnya. Wisata kuliner pun bisa kamu jajal di sini. Ada banyak kafe nge-hits soalnya. Sama kampus lain juga dekat. Itu bikin kamu bakal makin punya banyak temen main. Beres kuliah, bisa hangout tanpa boros bensin.

UNDAS.CO juga punya artikel terkait tentang tempat nongkrong asyik di sekitar Unmul. Yaitu “12 Tempat Paling Asyik di Sepanjang Jalan M Yamin-Wahid Hasyim”

  1. Luasnya banget banget!

Luas banget lah pokoknya. Saking luasnya, sampai-sampai penulis tidak bisa menemukan referensi tentang luasan areal kampus yang di Gunung Kelua. Iya, kampus Unmul yang kita kenal saat ini hanyalah salah satu kompleksnya. Selain di Gunung Kelua, ada kampus di Jalan Pahlawan, kampus di Jalan Banggeris, kampus di Jalan Pulau Flores. Belum lagi Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS), hutan pendidikan di Bukit Soeharto, dan lainnya.

Foto: jayanjayan.com

Oke, kita kembali ke kampus Gunung Kelua dulu. Sebagai gambaran, ini adalah total luas areal per bagian. Ruang kuliah (23.031 m2), ruang dosen (714 m2), ruang kantor/administrasi (4.908 m2), ruang studio (936 m2), asrama mahasiswa (1.500 m2), auditorium (9.308 m2), lahan perumahan (44.000 m2), kebun/lahan percobaan (3.180.460 m2), hutan percobaan (500.000 m2), kolam percobaan (8.000 m2).

Di dalam areal kampus yang luasnya kebangetan itu, kamu bisa beraktivitas dengan leluasa dalam konteks akademik maupun kondisi keilmuan lain, namanya juga mahasiswa yang semestinya akrab dengan diskusi, debat ilmiah, narasi, dan sebagainya.

Selain itu, mulai dari olahraga bareng sampai hunting foto bisa kamu lakuin di kompleks Unmul. Tapi tenang, kamu enggak bakal nyasar kok. Sekalipun luas, jalanan dalam Unmul itu cukup gampang buat diingat. Jadi makin asyik deh tuh gila-gilaan bareng sahabat atau si dia.

  1. Punya fasilitas penunjang yang oke punya

Untuk fasilitas, kamu jelas enggak perlu ragu! Kendati terasa tetap harus ada penambahan maupun pembenahan, pada dasarnya fasilitas di Unmul sudah cukup. Termasuk masjid dan musala, jogging track, gedung bebas sewa untuk kegiatan mahasiswa, sampai akses Wi-Fi yang bisa kamu akses dengan lancar di beberapa titik. Unmul juga punya sejuta pohon yang bikin suasana ngampus jadi teduh dan jauh dari kesan gersang. Kebayang dong, abis pusing kuliah, kamu langsung disambut teduhnya pohon yang seketika bikin adem.

Foto: Wikimedia Common Creative

  1. Ada 14 fakultas dan puluhan Unit Kegiatan Mahasiswa

Kamu bebas tentuin minat keilmuan kamu. Ada 14 fakultas yang bebas kamu pilih (tergantung metode penerimaan mahasiswa baru yang kamu jalani juga sih). Dari 14 fakultas itu, ada program studi-program studi yang beragam. Enggak ketinggalan, ada puluhan unit kegiatan yang bakal mewadahi kamu dalam berkreasi dan makin eksis sesuai minat masing-masing. Ditambah lagi, anak-anak Unmul juga terkenal friendly. Relatif asyik untuk diajakin main bareng.

Siapa yang pernah ngampus di sini, ngacung! Foto: fisip-unmul.ac.id

Selain lima alasan di atas, masih ada beberapa aspek lain yang bisa meningkatkan rasa bangga terhadap almamater ini, baik secara riil dan terkait dengan kiprah keilmuan maupun tambahan. Seperti yang pernah dibahas UNDAS.CO sebelumnya, Unmul masuk dalam 100 besar kampus terbaik di Indonesia berdasarkan penilaian matriks web. Belum lagi pencapaian-pencapaian fakultas, program studi, bahkan individu. Tahun lalu saja, ada tim dari Fisipol Unmul yang menjadi wakil Indonesia dalam forum internasional di Paris, Perancis. Cool, isn’t it? Lebih cool lagi kalau kompetensi seperti itu dimiliki oleh makin banyak mahasiswa Unmul.

So, jangan ragu apalagi malu kuliah di Unmul. Mulai dari sekarang, boleh banget bangga jadi anak Unmul. Di sisi lain, mencintai Kaltim juga bisa kamu lakukan dari hal-hal kecil. Salah satunya, ya dengan bangga dapat gelar sarjana dari Unmul. Atau, kamu punya cerita membanggakan terkait Unmul? Kami siap menambahkannya dengan senang hati. Tulis dalam kolom komentar di bawah ini

[]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments

comments