twelve − 9 =

2 + six =

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jujur aja deh, ada 2 momen yang paling membahagiakan dan tentunya kamu tunggu-tunggu di bulan Ramadhan, yaitu pas lagi buka puasa dan pada saat Idul Fitri alias lebaran, benar kan?

Kalo datang waktunya untuk buka puasa, udah pasti momen tersebut jadi momen yang paling ditunggu-tunggu sekaligus bikin semuanya bahagia. Suatu hal yang melegakan setelah seharian penuh berpuasa, akhirnya bisa melepas lapar dan dahaga bersama orang-orang tercinta. Disamping itu, momen lebaran juga enggak kalah seru dan pastinya jadi momen yang ditunggu, guys. Bukan cuma umat Muslim doang yang ngerayain momen spesial ini, tapi setiap orang di seluruh dunia juga ikut senang dan bahagia menyambut hari kemenangan bagi umat islam setelah selama sebulan penuh menahan haus, lapar, serta hawa nafsu dan juga berlomba-berlomba mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Ngomongin soal lebaran di Indonesia, tentunya enggak bisa lepas dari berbagai macam tradisi uniknya yang otentik dan punya kesan tersendiri. Mulai dari tradisi pulang kampung atau mudik, silaturahmi ke rumah tetangga dan sanak saudara, open house, bagi- bagi THR, dan lebaran ketupat. Lebaran yang sarat akan tradisi unik, keakraban, dan kehangatan memang semakin melengkapi hakikat dari hari lebaran itu sendiri, saling memaafkan antar sesama dan menjadi pribadi yang fitrah (suci) di hadapan Tuhan yang Maha Esa.

Mungkin banyak dari kamu yang udah tahu siapa-siapa aja yang emang wajib dikunjungi pas hari lebaran. Tapi biar lebih afdol, UNDAS.CO bakal bantu kamu buat nyusun daftarnya. Kali aja kan kamu bingung soal sama siapa lagi kamu harus bersilaturahmi, atau mungkin aja pas lebaran ada orang-orang yang terlupa dari prioritas daftar kunjungan kamu. Langsung cek aja ya listnya.

  1.  Orang Tua/ Mertua

Yang satu ini udah pasti dan wajib kamu masukin sebagai prioritas kamu. Sungkem sama orangtua maupun mertua enggak boleh sampai terlewatkan apalagi terabaikan. Ingat, mau sebaik apapun kita ke orangtua kita, tetap aja semua enggak bisa menandingi semua kasih sayang yang orangtua berikan buat kita. Kadang kita enggak peka dan enggak sadar kalau kita punya salah. Orangtua pun enggak terlalu mempermasalahkan kesalahan yang kita perbuat tersebut karena mereka sudah lebih dulu memaafkan. Percayalah, sebaik apapun kita pasti pernah punya salah sama orangtua, dan itu hal yang wajar mengingat manusia enggak bisa lepas dari namanya khilaf. Buat yang sudah menikah, silaturahmi ke mertua jangan sampai lupa. Enggak mau kan dicap sebagai menantu durhaka?

orang tua

Sayang orangtua. foto: opnlttr.com

Kalaupun kamu anak rantau yang belum bisa mudik ke kampung halaman dengan alasan kesibukan yang padat dan mendesak, setidaknya kamu tetap harus memberi kabar ke orangtuamu. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih di zaman yang serba modern, enggak ada alasan buat kita untuk tidak menghubungi orangtua kita. Manfaatkan chat messanger dan beragam aplikasi komunikasi di smartphone kamu. Ajari mereka cara mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang ada dengan tujuan biar kamu bisa selalu terhubung dengan mereka. Kuncinya sih, jangan pelit buat beli pulsa atau kuota demi orangtua tercinta.

  1. Tetangga-tetangga terdekat
Maaf-maafan dulu sama tetangga. foto: ukhtiindonesia.com

Maaf-maafan dulu sama tetangga. foto: ukhtiindonesia.com

Silaturahmi ke tetangga juga wajib kamu jadikan prioritas di hari lebaran. Bukannya apa, tetangga rumah di kiri kanan depan atau belakang itu adalah orang-orang yang paling dekat di lingkungan tempat tinggalmu. Hidup bertetangga memang sudah jadi pola hidup yang akrab bagi masyarakat Indonesia bahkan masyarakat di seluruh dunia. Kalaupun ada tetangga yang (mungkin) sering menggangu atau jarang bercengkrama dengan kamu, jangan pernah jadikan itu sebuah alasan buat kamu enggak silaturahmi ke tetangga ya. Siapa tau dengan kamu ‘main’ ke rumah tetangga kamu bakal dapat rejeki tak terduga. Atau bisa jadi kamu dikenalin sama anaknya yang cantik/cakep, kan lumayan. Dan yang paling oke dari berkunjung ke rumah tetangga tentu saja bisa nyicipin hidangan yang dimasak sama tetangga kamu. Yang pasti pas silaturahmi tetap jaga sopan santun ya.

  1. Keluarga/ Saudara Sepupu
Fotu dulu baru bagi-bagi THR. foto: joemazza.net

Fotu dulu baru bagi-bagi THR. foto: joemazza.net

Lebaran pasti identik dengan yang namanya silaturahmi dan jalan-jalan ke rumah keluarga dan saudara-saudara. Lebaran jadi momen yang tepat untuk berkumpulnya keluarga besar setelah sekian lama tidak berjumpa karena saling sibuk dengan urusan masing-masing. Kalau pengen silaturahmi ke rumah keluarga ataupun saudara kamu, buat kamu yang sudah bekerja kalau bisa dari jauh-jauh hari sudah nyiapin amplop-amplop THR buat saudara kamu yang masih kecil. Sebenarnya hal begini cuma sebatas formalitas di negara kita, tapi enggak ada salahnya kok berbagi sedikit rezeki kamu sama mereka, sesekali membahagiakan saudara-saudara kita enggak ada salahnya kan?

Oiya, kalau UNDAS.CO boleh saran nih kalau bisa jangan cuma silaturahmi ke keluarga yang dekat aja, mendatangi keluarga jauh juga bisa jadi momen yang spesial selama itu memungkinkan. Tapi, buat kamu yang masih MABA (Mahasiswa Bahari) dan sekarang udah umur-umurnya buat nikah, harus siapin mental yang kuat dan jawaban yang matang ketika kamu berhadapan dengan keluarga yang kepo nanya: “udah lulus belum?”, “ kapan nikah”, atau “sekarang kerja dimana?”. Nah loh.

  1. Teman dan Sahabat
Friendship is Real. foto: bp.blogspot.com

Friendship is Real. foto: bp.blogspot.com

Silaturahmi ke rumah teman dan sahabat juga wajib jadi prioritas. Memang ada sebagian dari kamu yang udah sering ketemu teman atau sahabat kamu karena satu sekolah, kuliah atau teman satu kantor. Namun, kunjungan kamu akan sedikit berbeda manakala kamu meniatkan untuk bertamu ke rumah teman atau sahabat kamu itu untuk bersilaturahmi dan bermaaf-maafan. Ketika kamu menjalin hubungan pertemanan dengan teman kamu pasti sering ada yang namanya salah paham atau miskomunikasi. Dari masalah yang sepele bahkan yang besar sekalipun sudah saatnya kamu selesaikan di hari yang fitri ini. Saling memaafkan dan intropeksi atas diri masing-masing akan membuat hubungan pertemanan kamu menjadi normal kembali, syukur kalau jadi lebih akrab lagi. Enggak cuma berkunjung ke rumah teman, silaturahmi ke rumah orang yang memusuhi kamu juga bisa dijadikan pilihan. Siapa tau dengan begitu, kalian yang awalnya bermusuhan akhirnya bisa menjadi teman baik atau justru jadi sahabat. Menyenangkan bukan?

  1. Gebetan/ Pacar
Lebaran sama yang manis-manis, yuk. foto: suara.com

Lebaran sama yang manis-manis, yuk. foto: suara.com

Untuk orang yang terakhir ini sebenarnya bonus ketika kamu sudah menuntaskan daftar-daftar sebelumnya. Silaturahmi ke rumah gebetan dan pacar lagi-lagi akan jauh lebih berkesan ketimbang biasanya, kalau kamu memang meniatkan untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Lebaran bisa jadi momen buat kamu dan pacar untuk saling memaafkan dan memberi maaf. Enggak cuman itu, dengan adanya momen idul fitri, kamu dan pasangan kamu bisa lebih mendewasakan hubungan kalian. Selama kalian sudah berkomitmen untuk saling mengakui kesalahan tanpa menyalahkan dan saling memaafkan, secara tidak langsung kalian merefresh hubungan kalian. Dan buat yang silaturahmi ke gebetan enggak perlu khawatir. Momen lebaran bisa jadi momen pdkt yang oke tanpa takut disangka modus, atau bisa jadi momen buat kamu nyatakan perasaan kamu ke doi (kalau yang ini harus lihat sikon dan sinyal-sinyal positif dulu dari dia). Jangan lupa untuk bersilaturahmi tidak hanya ke dia, tapi juga sama orangtua dan keluarganya. Karena yang perlu kamu ingat lebaran itu bisa dirayakan kepada siapa saja.

Nah, itu tadi daftar orang-orang yang wajib kamu kunjungi di hari lebaran. Semoga bermanfaat. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat lebaran!

[]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
The following two tabs change content below.

Comments

comments