4 × one =

1 × two =

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Yeaaay! Bentar lagi imlek, nih. Nggak lama lagi perayaan yang disebut Sinchia ini bakal dirayain sama masyarakat Tionghoa di seluruh dunia! Samarinda juga doong…

Nah, biasanya saat Tahun Baru Cina juga digunakan sebagai ajang ngumpul-ngumpul sama keluarga. Kalo udah ngumpul gini, pasti deh bakal banyak makanan. Saat imlek, sajian makanannya juga pasti khas Imlek. Kue Keranjang, Mi, Jeruk, dan macem-macem deh pokoknya.

Tapi, tau nggak, sih? Ternyata makanan yang disajikan saat Imlek itu punya makna tersendiri! Apa saja ya, makanan wajib Imlek yang dipercaya bisa bawa hoki? Yuk, simak!

  1. Kue Keranjang

Kue Keranjang

Biasa disebut Nian Gao. Makanan ini wajib hadir saat imlek. Kue dengan tekstur lengket ini dibuat dari tepung ketan dan gula merah. Beberapa menyebutnya Dodol Cina. Bentuknya bulat dan teksturnya lengket, katanya ini simbol kedekatan keluarga, biar lengket terus dan nggak tercerai-berai gitu. Kue ini biasanya disajikan stelah digoreng dengan tepung terigu atau telur, atau dikukus trus dimakan dengan parutan kelapa. Inget ya, makannya pas masih anget! Enak!

  1. Jeruk Mandarin

Jeruk Mandarin

Dalam karakter bahasa Mandarin, jeruk sering disamakan dengan emas. Jeruk biasanya disajikan saat malam Imlek. Eits, tapi ingat ya, jumlah jeruk yang disajikan saat imlek nggak boleh berjumlah empat atau kelipatan dari empat. Karena angka ini dianggap sebagai angka sial yang pelafalannya mirip dengan “kematian” dalam bahasa Mandarin.

  1. Siu Mie atau Mi Panjang

Mie adalah lambang dari panjang umur. Dalam tradisi China, ketika kita memasak dan menyajikan mie kita dilarang memotong mie-nya, karena dianggap lambang memperpendek usia.

Mie Panjang

Seorang teman pernah bercerita, dalam bahasa Mandarin mi disebut ‘mian’. Ada sebuah mitos yang pernah menyebutkan ada seorang kakek tua yang ummurnya panjaaang banget. Kakek ini dikenal dengan raut wajah yang panjang. Dalam bahasa Tionghoa juga, ‘wajah punya pelafalan yang sama yaitu ‘mian’. Jadi maksudnya “makan mi supaya seperti si Kakek Muka Panjang (yang panjang umur)”. Mi saat Imlek biasanya dicampur dengan sayuran, irisan bakso, ayam, sosis, cumi atau udang.

  1. Yu Sheng

Yu Sheng

Yu Sheng ini sejenis salad dari campuran buah dan sayur. Awalnya makanan ini dipopulerkan oleh Koki asal Singapura di tahun 1964. Tradisi yang unik saat memakan Yu Sheng adalah, masing-masing anggota keluarga akan mengangkat Yu Sheng tinggi-tinggi. Kalau kita semakin tinggi mengangkat sayur maka dianggap semakin baik, ini adalah lambang harapan akan terkabul.

  1. Jiaozi

Jiaozi

Jiaozi adalah pangsit yang diisi dengan daging babi cincang, sayuran, dan udang cincang, Jiaozi ini bentuknya bulat, mirip dengan bentuk uang Cina kuno. Jiaozi adalah simbol rejeki yang berlimpah.

Wah, ternyata masing-masing sajian Imlek punya makna khusus yang semuanya adalah harapan yang baik-baik. Gimana dengan kamu? Apa sajian khas Imlek kesukaanmu?

[]

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
The following two tabs change content below.
Pramesti Krisna

Pramesti Krisna

There are a lot of things I wish I would have done, instead of just sitting around and complaining about having a boring life - Kurt Cobain
Pramesti Krisna

Latest posts by Pramesti Krisna (see all)

Comments

comments